Add Recipe

Mie Sagu Goreng Khas Selat Panjang Riau

  • Persiapan
    10 menit
  • Pembuatan
    >15 menit
  • Sajian
    5
  • Dilihat
    35
Hidangan mie sagu sangat populer di kalangan masyarakat Riau, khususnya kabupaten Meranti atau Selat Panjang. Namun, mie sagu sudah banyak dijual di warung kopi atau kedai makan (sejenis warung makan) untuk dimakan sebagai sarapan atau makan siang atau makan malam. Hidangan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang dingin dan dibarengi dengan minum kopi atau teh yang hangat. Selamat mencoba resep ini, semoga dengan adanya resep ini kita semua bisa mencoba atau memasak makanan khas ini yang lambat laun mulai jarang dikenal.

Bahan-Bahan

Mie Sagu Goreng Khas Selat Panjang

Cara Membuat

Step 1

Rendam mie sagu dalam air selama beberapa menit agar tidak keras. Kemudian, cuci bersih semua bahan seperti sayuran, kucai, daun bawang dan seledri, kucai, tauge serta udang putih. Setelah itu, sayuran dipotong-potong sesuai selera.

Step 2

Mulailah menumis udang terlebih dahulu dengan minyak goreng yang sudah lumayan panas. Setelah udang matang, masukkan telur dengan cara mengorak-arik (jika suka dadar atau mata sapi, silahkan. Namun, saya lebih menyarankan telur diorak-arik saja). Lalu, setelah telur matang, masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Tumis hingga mengeluarkan aroma yang sedap.

Step 3

Tumisan selesai! Setelah selesai menumis bahan utama, ambillah cabai yang sudah dihaluskan sebelumnya, tuangkan ke dalam tumisan yang sudah anda selesaikan tadi. Aduk perlahan selama 5 menit. Masukkan air matang ke dalam tumisan bersama cabai halus tadi. Pastikan jangan terlalu encer, ya! Setelah itu, jangan lupa masukkan kecap, saos tiram, lada, penyedap rasa (saya memakai royco dan sedikit garam), aduk hingga merata. Jangan lupa koreksi rasa, agar tidak terlalu keasinan dan cukup sesuaikan dengan selera anda. Lalu, masukkan sayur sawi, daun bawang, kucai dan tauge.

Step 4

Setelah bahan tercampur, saatnya mie sagu dimasukkan ke dalam bahan yang sudah dicampurkan tadi. Aduk sampai mie sagu berwarna kemerahan seperti warna bahan yang sudah anda campurkan tadi. Aduk perlahan dan merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa kembali, untuk menghindari mie sagu tidak ada rasa atau keasinan. Tambahkan penyedap rasa atau lada jika rasanya masih kurang.

Step 5

Mie sagu sudah selesai, sajikan dengan taburan daun seledri, potongan cabai rawit dan bawang goreng.

Informasi Tambahan

Mie sagu lebih enak disajikan hangat-hangat, jadi setelah dimasak dianjurkan langsung disantap agar menambah kenikmatan dalam mencicipi makanan khas ini. Demikian resep yang saya tulis, mohon maaf atas kekurangan dan kelebihan atau kesalahan dalam menulis. Terima kasih.

Resep Lainnya

Berikan Ulasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *